Langsung ke konten utama

5 Tips Mendapatkan Kain Batik yang Memiliki Kualitas Bagus

Indonesia kaya akan budaya yang sangat menarik. Sebagai warga negara Indonesia kita wajib bangga dengan adanya keanekaragaman budaya yang dimiliki. Salah satu warisan budaya indonesia ada seni batik. Motif batik memiliki banyak sekali desain yang tentunya sangat menarik hati. Masing – masing daerah memiliki ciri khas motif batik yang berbeda. Motif batik biasanya diaplikasikan pada kain, namun saat ini motif batik banyak diaplikasikan pada bahan lain misalnya untuk motif interior, motif makanan, dan masih banyak lagi. Batik juga sudah diakui dunia sebagai warisan budaya yang dimiliki Indonesia. Unesco juga sudah mengesahkan batik sebagai warisan budaya Indonesia.
 
Tips mendapatkan kain batik yang memiliki kualitas bagus dapat dilihat dari :

1.   Jenis Batik

Berdasarkan jenis batik ada dua jenis batik yaitu batik cap dan batik tulis. Namun sekarang pembuatan kain batik dapat dibuat secara digital dengan teknik printing atau bisa juga dengan cara sablon. Batik tulis cara pembuatannya secara manual yaitu dengan menggunakan canting. Batik cap pembuatannya dengan menggunakan alat cap. Alat cap ini biasanya dibuat dari tembaga yang sudah didesain dengan motif batik tertentu. Pembuatan batik cap lebih cepat dibandingkan dengan batik tulis. Sedangkan batik sablon atau bisa juga disebut batik printing dibuat dengan cara yang hampir sama dengan teknik sablon. Namun bahan, warna dan mutunya lebih bagus daripada sablon yang digunakan untuk spanduk ataupun kaos.

Hasil ornamen batik tulis antara ornamen satu dengan ornamen lainnya memiliki perbedaan meskipun bentuknya sama. Insen-insen pada batik tulis rapat, rapih dan tidak kaku. Pada batik cap karena menggunakan alat cap bentuk ornamen sama namun insen-insen terlihat agak renggang, kurang rapi dan terkesan agak kaku. Batik sablon/printing hasil motifnya lebih bervariatif tergantung desainnya. Ornamen dapat sama atau tidak. Kekurangan dari batik sablon/printing hanya satu muka sehingga warnanya mudah pudar.

2.   Jenis bahan

Pemilihan jenis bahan juga perlu diperhatikan ketika memilih kain. Jenis bahan harus disesuaikan dengan kegunaannya apakah digunakan untuk keperluan sehari-hari atau untuk acara tertentu. Ada beberapa jenis kain yang dapat dipertimbangkan.

Kain sutra : Kain sutra ini sangat nyaman sekali digunakan. Harganya juga lumayan mahal.
Kain serat nanas : Tekstur kain ini kasar dan terlihat sulur-sulur serta mengkilap.
Kain Paris : Kain paris memiliki tekstur yang lembut dan flowy serta memiliki serat kain yang kuat.
Kain katun : Kain katun sangat cocok digunakan untuk bahan pakaian sehari-hari karena mudah menyerap keringat. Kain katun yang sering digunakan adalah polisima, primissima, dan prima.
Kain mori : Kain mori juga digunakan untuk membuat batik. Ada beberapa jenis kain mori yaitu kain mori prima, mori primissima, mori biru.

3.   Pola batik

Batik memiliki banyak motif. Masing-masing daerah juga memiliki ciri khas yang berbeda pada tiap motif batiknya. Pola batik yang rumit tentu memiliki harga yang lebih mahal namun anda namun akan mendapatkan kualitas yang elegan ketika menggunakannya.

4.   Pewarnaan kain batik

Kain batik yang memiliki kualitas bagus dapat dilihat dari pewarnaan yang ada pada kain. Apabila pewarnaan kain bagian depan dan belakan sama maka kualitas batik bagus dan warnanya tidak mudah pudar. Telitilah apakah batik tersebut luntur atau tidak. Batik yang bagus warnanya tidak luntur. Cara pengecekkannya yaitu dengan meraba kain apabila warnanya tidak melekat pada tangan berarti kain tersebut tidak luntur. 

5.   Kenyamanan kain

Kenyamanan kain sangatlah berpengaruh pada saat digunakan. Apabila bahan yang anda gunakan terasa dingin maka bisa dipastikan kain tersebut bagus. Caranya yaitu dengan menempelkan kain pada tangan. Jika terasa dingin maka kain tersebut nyaman digunakan karena ketika kita memakainya tidak terasa panas.

Masing – masing orang memiliki selera kain batik yang berbeda. Anda dapat memilih motif yang anda sukai meskipun pada dasarnya motif batik semuanya terlihat menarik. Ketika memutuskan untuk membeli kain batik pilihlah kain batik berkualitas. Kualitas batik yang bagus dapat mempengaruhi kenyamanan dan umur kain batik ketika digunakan sebagai pakaian. Dari tips diatas diharapkan lebih jeli dalam memilih kain batik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips cara memilih baju bagus sesuai dengan bentuk tubuh wanita

Ada berbagai macam fashion yang dapat kamu pilih. Namun tak semuanya cocok dikenakan. Pakaian yang tepat dapat membantumu tampil lebih menarik. Kamu dapat mengelabuhi penampilan dengan menggunakan pakaian. Kamu juga dapat terlihat lebih langsing dengan cara memilih baju bagus sesuai dengan bentuk tubuh. Sebelum anda menentukan pakaian yang cocok dikenakan, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu bentuk tubuh, usia, style dan warna yang diinginkan. Pastinya kamu lebih jago untuk memadupadankan pakaian yang kamu kenakan. Tidak ada salahnya jika menambah pengetahuan tentang tips cara memilih baju bagus sesuai dengan bentuk tubuh. Penampilan kamu bisa tambah keren. Inilah tips cara memilih baju bagus sesuai bentuk tubuh. Kamu juga akan mengetahui macam-macam bentuk tubuh : 1. Bentuk tubuh pear     Bentuk tubuh pear dapat juga disebut bentuk badan segitiga. Sekilas sesuai dengan namanya, kamu yang mempunyai bentuk tubuh pear memiliki bagian bawah yang lebih lebar dari pada bagian atas

Tips memilih model baju pria sesuai bentuk tubuh

Pria juga memiliki bentuk tubuh yang berbeda-beda. Sebagian pria mungkin tidak terlalu memperhatikan pemilihan pakaian sesuai dengan bentuk tubuhnya. Namun sebagian lagi ada yang memperhatikan penampilan untuk membuatnya tampil lebih menarik. Pemilihan pakaian yang tepat dapat membuatmu lebih percaya diri. Tak ada salahnya kamu mengetahui tips memilih model baju pria sesuai bentuk tubuh. Banyak model baju pria yang dapat kamu lihat di pusat perbelanjaan maupun distro. Ada berbagai macam fashion pria sesuai dengan timing seperti casual, business casual, smart casual, formal, semi formal, dan informal. Cara memilih bentuk baju sesuai dengan bentuk tubuh sangatlah mudah jika sudah mengetahuinya.  Inilah tips memilih model baju pria sesuai dengan bentuk tubuh yang dapat kamu sesuaikan dengan kondisi kamu : 1. Pria memiliki tubuh tinggi dan kurus     Pria yang memiliki tubuh tinggi dan kurus dapat mengenakan pakaian yang memiliki bahan tebal sehingga badan terlihat lebih berisi.